Sunday, June 3, 2007

Simbol Dan Angka Keberuntungan




Naga Keberuntungan.
Dengan memiliki daya fengshui yang cukup kuat.
Menggunakan Simboldan Angka Kemakmuran
Simbolisme adalah bagian penting dari feng shui. Pada zaman dahulu, nenek moyang mengkomunikasikan sesuatu yang tersirat maupun yang tersurat melalui simbol-simbol. Feng shui berhubungan dengan pengetahuan vital tentang tanda-tanda menguntungkan dan penggambaran dari bunga, buah dan pohon serta burung dan binatang. Semua eksiklopedia yang diterbitkan menjelaskan semua arti dari semua simbol.
Ada binatang langit yang dipercaya membawa keberuntungan sangat baik, mahluk yang keberadaannya hanyalah mitos dan berdasarkan legenda. Dalam feng shui, naga dan burung phoenix merupakan simbol yang hadir jika ada tanah datar dekat dengan lingkungan. Sedangkan macan dan kura-kura selalu dihubungkan dengan bukit dan gunung.
Jadi, jika ada tiga puncak yang terlihat dari rumah kita, ada anggapan tentang keberuntungan yang luar biasa bagi anak tetua laki-laki di dalam rumah. Tidak ada yang tahu apakah naga dan phoenix itu benar-benar ada. Sampai sejauh ini masyarakat China masih peduli, apakah hal tersebut berguna atau tidak. Mereka tidak terlalu memperdulikan. Yang penting adalah adanya simbolisasi tersebut, berwujud bukit dan gunung akan membawa keberuntungan yang baik.
Dalam kaitannya dengan simbolisme, dua aspirasi paling terkenal yang banyak ditemukan di rumah-rumah keluarga China adalah kemakmuran dan umur panjang. Untuk itulah, tiga Dewa Bintang-- Fuk, Luk dan Sau (Dewa Kekayaan, Kesehatan dan Umur Panjang) selalu ada. Ketiga dewa itu dipercaya membawa banyak sekali keberuntungan termasuk kemakmuran dan umur panjang.
Simbol-simbol dewa tersebut bisa dibeli di supermarket di mana saja. Namun yang perlu diingat bahwa mereka hanyalah simbolisasi saja, tidak untuk dewa dan dewi yang disembah. Dewa umur panjang --Sau-- hampir selalu digambarkan dengan dua simbol umur panjang lainnya yaitu rusa dan bunga peach. Pohon pinus juga merupakan simbol umur panjang lainnya, termasuk dalam lukisan gulung China.
Simbolisasi angka membawa dimensi tambahan dalam praktek feng shui. Bagi masyarakat Cina, khususnya, akan bertindak hati-hati jika menggunakan angka penting dalam bisnis dan kehidupan profesional. Mereka sangat memikirkan penggunaan angka-angka tersebut sehingga nomor telepon dan faksimili selalu diakhiri dengan angka menguntungkan 8 dan 9.
Angka 8 sangat menguntungkan. Bagi orang Canton, itu berhubungan dengan suara fonetik dari angka tersebut seperti tumbuh dalam kekayaan. Bahkan menurut numerologi Lo Shu dalam feng shui 8 adalah angka kaya yang berarti kemakmuran di masa yang akan datang.
Angka 9 adalah angka menguntungkan lainnya, bahkan dikatakan bahwa angka itu lebih menguntungkan dari angka 8 karena angka 9 menyimbolkan tentang kesempurnaan langit dan bumi. (Itu hanya berlaku bagi angka jika ditambahkan hasilnya 9, misalnya 9 kali 3 hasilnya 27, 2 ditambah 7 sama dengan 9. Lakukan itu dengan angka yang lain jika dikalikan dengan 9 hasilnya ...). Oleh karena itu, angka tidak bisa dimanipulasi.
Masyarakat Cina juga tidak melupakan angka 7 sebagai angka yang sangat menguntungkan karena menurut kalender Cina, sampai tahun depan kita akan melalui periode angka 7. Periode itu sampai dengan tahun 2003 yang kemudian akan berganti ke periode angka 8. Setelah tahun 2003, angka 8 akan menjadi angka yang keberuntungannya berlipat dua kali.
Kombinasi dari angka 7,8 dan 9 dalam berbagai konfigurasi sangat-sangat dijunjung tinggi. Pengecer Cina senang memberi harga barang mereka diakhiri dengan angka 8 seperti Rp 199.980 atau Rp 29.999. Mereka percaya itu membawa keberuntungan baik bagi pembeli maupun penjual.
Sementara itu, angka 4 dianggap tidak menguntungkan. Segala sesuatu yang diakhiri dengan angka itu mengatakan kematian, kerugian dan masalah. Jadi, tingkat 14 gedung multi toko berkonotasi membawa kemalangan bahkan lebih menderita dibandingkan dengan angka barat 13 (secara insidental dianggap menguntungkan bagi masyarakat Cina).
Rumah dengan nomor 4 biasanya sulit dijual. Sementara itu apartemen di tingkat 4 sangat tidak populer. Namun yang sangat menarik disini adalah bahwa 44 dan 48 dianggap sangat-sangat menguntungkan. Itu karena angka 4 dua kali bila ditambahkan berjumlah 8 menguntungkan. Sementara itu, angka 48 masih termasuk beberapa angka 8 yang menguntungkan.

No comments: